Visi dan Misi

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan (Pasal 1 ayat (12) UU No. 25 Tahun 2004). Visi harus menggambarkan bagaimana wujud akhir yang diinginkan oleh suatu organisasi pada akhir periode perencanaan. Visi memegang peranan penting dalam menentukan ke mana arah yang akan dituju oleh suatu organisasi pada masa mendatang.

Dengan memperhatikan amanat RPJPD Kabupaten Lombok Barat 2005- 2025 serta mempertimbangkan aspek potensi dan kondisi, serta permasalahan yang dihadapi, maka Visi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014 – 2019 adalah:“ TERWUJUDNYA MASYARAKAT LOMBOK BARAT YANG UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI-NILAI PATUT PATUH PATJU”

Penjabaran makna dari Visi Kabupaten Lombok Barat tersebut adalah sebagai berikut:

Masyarakat Lombok Barat, artinya merupakan seluruh masyarakat Lombok Barat.

Unggul, artinya mampu bersaing secara kompetitif dan komparatif di berbagai bidang kehidupan.

Mandiri, artinya mampu memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki secara optimal.

Sejahtera, artinya mampu memenuhi segenap kebutuhan hidup secara layak yang mencakup aspek, sosial-budaya, ekonomi dan fisik.

Bermartabat,  artinya memiliki jati diri dan harga diri.

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi (Pasal 1 ayat (13) UU No. 25 Tahun 2004). Misi merupakan pernyataan secara luas dan komprehensif tentang tujuan suatu daerah/organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang akan diberikan atau dilaksanakan, kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi, kelompok masyarakat yang dilayani, serta nilai-nilai yang dapat diperoleh. Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan serta tetap memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada serta tantangan ke depan dan memperhitungkan peluang yang dimiliki, maka ditetapkan 6 (enam) misi sebagai berikut :

Misi Pertama :

Meningkatkan Kemampuan Daya Saing dan Kemandirian Daerah untuk Mendapatkan Nilai Tambah (Lobar Kreatif, Inovatif dan Produktif), ditujukan untuk meningkatkan konektifitas dan aksesibilitas antar wilayah, meningkatkan produktifitas produk sumber daya alam daerah, meningkatkan efektifitas layanan investasi, meningkatakan kapasitas fiskal daerah dan meningkatkan kondusifitas daerah.

Misi Kedua :

Mewujudkan Kehidupan dan Sikap yang Memiliki Spirit Serta Etos Kerja Untuk Meraih yang Terbaik (Lobar Berprestasi) ditujukan untuk meningkatkan kapasitas akuntabilitas kinerja, mewujudkan pemerintahan yang bersih dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Misi Ketiga : 

Mengembangkan Potensi Sumberdaya Sosial dan Budaya yang Dimiliki Untuk Keberlanjutan Pembangunan (Lobar Tangguh dan Berbudaya) ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat, meningkatkan utilitas dan legalitas budaya dan kearifan lokal serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat.

Misi Keempat :

Mengembangkan Potensi Sumberdaya Alam Dengan Memperhatikan Kelestarian dan Keseimbangan Lingkungan (Lobar Lestari) ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam, meningkatkan efektifitas pengelolaan sumber daya mineral dan energi, meningkatkan produktifitas dan kontinuitas pangan daerah serta meningkatkan efektifitas pencegahan dan penanganan bencana.

Misi Kelima  :

Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia yang Mampu Beradaptasi Terhadap Perkembangan Regional, Nasional dan Global (Lobar Sehat dan Cerdas) ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas layanan sosial dasar, meningkatkan efektifitas dan kualitas penanganan masalah sosial serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana sosial dasar.

Misi keEnam :

Meningkatkan Martabat dan Kebanggan Daerah (Lobar Bermartabat) ditujukan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas kesejahteraan umum.

Visi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014 - 2019, tidak terlepas dari Visi Kabupaten Lombok Barat yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014 – 2019, yaitu :

“ TERCIPTANYA TENAGA KERJA DAN MASYARAKAT TRANSMIGRASI YANG PRODUKTIF DAN KOMPETITIF DAN SEJAHTERA MENUJU KEMANDIRIAN YANG BERMARTABAT DENGAN DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU  “

Sambutan
phijsk
Binapenta
Kemnaker
disnakertrans Prov NTB