PPID 2018

PPID DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN LOMBOK BARAT

TAHUN 2018

 

Bagian 1.

GAMBARAN UMUM KEBIJAKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

  1. Penerbitan regulasi

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 sebagai sesuatu yang penting dan strategis dalam menunjang pembangunan dan kemajuan daerah serta mendukung visi Lombok Barat yaitu Mewujudkan Lombok Barat yang Unggul, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat yang dilandasi dengan nilai Patut Patuh Patju. Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik telah dijadikan prioritas dan sasaran strategis dalam RPJMD Kabupaten Lombok Barat.

Untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik tersebut telah diterbitkan beberapa produk hukum sebagai komitmen dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam melaksanakan tata kelola keterbukaan informasi publik itu sendiri. Produk hukum itu sendiri merupakan pedoman dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Tenaga Kerja Kab. Lombok Barat.

Produk hukum atau regulasi itu adalah sebagai berikut :

    1. Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat No. 4 Tahun 2014 tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    2. Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 17 Tahun 2017 tentang Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia;

 

Dari Kebijakan tersebut telah dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Penetapan PPID Disnaker Kab. Lombok Barat dengan Keputusan Kepala Dinas Tenag Kerja. Adapun Struktur Organisasi Dinas Tenaga Kerja Kab. Lombok Barat adalah :

 
 
 

 

  1. Uraian singkat pelayanan Informasi 2018

Tingginya tingkat pengangguran dan besarnya jumlah angkatan kerja menjadi masalah bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Kab. Lombok Barat yang harus ditangani secara khusus.

Salah satu upaya yang dilakukan antara lain mengoptimalkan pelayanan antar kerja yang ada pada Dinas Tenaga Kerja Kab. Lombok Barat salah satunya adalah Pelayanan Informasi Pasar Kerja kepada pencari kerja, pelayanan secara manual maupun online system. Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana mengakibatkan pelayanan antar kerja seringkali dilakukan tidak sesutai dengan system antar kerja yang telah ditentukan secara nasional.

Berkaitan hal tersebut, perlu adanya evaluasi dan perbaikan atau penyempurnaan terhadap tugas, fungsi dan alur kerja pelayanan antar kerja untuk kemudian distandarkan melalui system manajemen mutu ISO 90001 dan dengan sistem tersebut diharapkan kinerja operasional dapat meningkat secara signifikan.

 

SOP PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL

DISNAKER KAB. LOMBOK BARAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOP Diagram Alur Kerja


Penerbitan Perpanjangan IMTA

 

SOP PROSEDUR PELAYANAN PENERBITAN AK/I MANUAL

 

 

 

Bagian 2.

GAMBARAN UMUM PELAKSANAAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

  1. Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi Publik

Sarana prasarana pelayanan informasi Publik di PPID Disnaker Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018 tersedia dengan memanfaatkan sarana yang dimiliki. Pada PPID Disnaker Kabupaten Lombok Barat terdapat beberapa sarana perangkat keras seperti Komputer, Ruang Pelayanan dan Jaringan Internet. Sementera perangkat lunak seperti website juga tersedia dalam rangka memudahkan pelayanan

No

Jenis Sarana

Diperlukan

Tersedia

Belum Tersedia

1

Desk Pelayanan

1 unit

1 unit

 

2

Kursi Tamu

1 set

3 unit

 

3

Computer

1 unit

1 unit

 

4

Printer unit

1 unit

1 unit

 

5

Aplikasi

1

1 unit

 

6

Almari penyimpanan

1 unit

1 unit

 

7

Ruang Kerja Refresentatif

1 lokal

1 unit

 

8

Jaringan Internet

10 Mhz

1 unit

 

 

  1. Sumber Daya Manusia yang menangani pelayanan informasi publik

Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani pelayanan informasi publik tahun 2018 secara khusus tidak tersedia. Sementara SDM di PPID Disnaker Kab. Lombok Barat juga secara khusus belum ada, masih dirangkap oleh personil yang mengerjakan tugas pokok.

Dampaknya setiap hari tidak ada yang standby di desk layanan setiap hari karena mengerjakan tugas pokok masing-masing.

Demikian pula di sekretariat belum ada staf sekretariat atau jabatan fungsional yang membantu. Semua masih di tangani oleh kepala sekretariat. Rekrutmen tenaga Sekretariat PPID Utama mengalami kesulitan dan mengangkat jabatan fungsional juga masih terkendala.

Kesimpulannya kualitas SDM PPID cukup mumpuni namun tidak dibantu dengan petugas teknis/staf yang mengerjakan tugas-tugas teknis

 

No

Nama / NIP

Pangkat/Gol

Pendidikan

Keterangan

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

3. Anggaran pelayanan informasi serta laporan penggunaannya.

 

Anggaran Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada Disnaker Kab. Lombok Barat. terlihat pada Anggaran Tahun 2018 belum dialokasikan secara khusus

 

No.

Nama Program/Kegiatan

Anggaran Tahun 2018

Realisasi Keuangan (Rp)

Persentase Realisasi Keuangan (%)

1;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian 3.

 

Perkembangan Pelayanan Informasi Publik Tahun 2018

 

Jenis Informasi

Jumlah Pengakses

Cara Akses

Waktu Mendapatkan

Pemberian Informasi

Alasan Penolakan (Jika Terjadi)

Web Site

Desk Layanan

< 10 HK

> 10 HK

Sepenuhnya

Sebagian

Ditolak

Kebijakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perencanaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perijinan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Personal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Layanan Informasi Publik Tahun 2018

Bulan

Jumlah Permohonnan

Pemohon Informasi

Individu

Lembaga

Januari

 

 

 

Februari

 

 

 

Maret

 

 

 

April

 

 

 

Mei

 

 

 

Juni

 

 

 

Juli

 

 

 

Agustus

 

 

 

September

 

 

 

Oktober

 

 

 

November

 

 

 

Desember

 

 

 

 

 

Bagian 4.

RINCIAN SENGKETA INFORMASI PUBLIK

Pelaksanaan pelayanan informasi Publik pada PPID Disnaker  Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018, belum ada sengketa terhadap informasi publik.

Bagian 4.

KENDALA INTERNAL DAN EKTERNAL DALAM PELAKSANAAN

PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

      1. Kendala Internal

 

Kendala internal dalam pelayanan informasi publik di Dinas tenaga Kerja Kabupaten Lombok Barat antara lain adalah :

        1. Belum adanya pejabat Fungsional yang membantu petugas PPID
        2. Sekretariat belum ada berikut staf secretariat.
        3. Sarana Prasarana penunjang masih kurang.

 

B. Kendala Ekternal

 

Adapun kendala ekternal tidak terlalu banyak kendala. Hanya masyarakat belum familier untuk meminta informasi. Masyarakat yang meminta informasi sering langsung ke PPID Disnaker, Permintaan informasi itu karena lebih cepat dapat karena langsung ke narasumbernya.

 

Sambutan
phijsk
Binapenta
Kemnaker
disnakertrans Prov NTB