Pembuatan AK 1

3. PELAYANAN PEMBUATAN KARTU PENCARI KERJA/KARTU KUNING (AK 1).

  1. Persyaratan Pelayanan:
    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau foto copy KTP yang dilegalisir
    1. Ijasah terakhir asli atau foto copy yang dilegalisir
    1. Pas photo Hitam putih atau berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 2 (dua) lembar
    2. Surat Keterangan Pengalaman kerja bila ada.

 

  1. Besarnya Tarif/Biaya Pelayanan Dan Tata Cara Pembayaran

Biaya pembuatan kartu kuning adalah tidak dipungut biaya ( Gratis )

 

  1. Waktu Penyelesaian Pelayanan dan Masa Berlaku
    1. Lama waktu proses pembuatan adalah selambat-lambatnya 1 (satu) hari kerja.
    2. Masa berlaku AK 1 adalah 2 (dua) tahun, bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan diwajibkan melaksanakan registrasi ulang setiap 6 (enam) bulan sekali sedangkan bagi Pencari kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan diharapkan melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja Kab. Lobar dan kartu kuningya akan di non aktifkan.

 

  1. Prosedur Penyelesaian Pembuatan Kartu Kuning (AK1)
    1. Dengan persyaratan yang lengkap pencari kerja mendaftarkan ke loket pengurusan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Kab. Lobar.
    2. Persyaratan yang telah diserahkan oleh pencari kerja, diperiksa oleh pengantar kerja/Petugas Antar Kerja
    1. Jika persyaratan belum lengkap, dikembalikan kepada pencari kerja untuk dilengkapi.
    1. Jika telah lengkap, kemudian Pengantar kerja/Petugas Antar Kerja mewawancarai pencari kerja, dengan mengisi blanko biodata pencari kerja (AK2)
    1. Setelah selesai wawancara dan pengisian blanko AK 2, selanjutnya Kartu kuning (AK1) dapat diterbitkan.

 

  1. Hasil Pelayanan Yang Diterima Oleh Pelanggan

Hasil pelayanan yang diterima oleh pelanggan adalah berupa Kartu Kuning (AK1).

 

  1. Kompetensi Petugas Yang Terlibat Dalam Proses Pemberian/Penyelesaian Pelayanan.
    1. Jumlah petugas yang dibutuhkan adalah 2 orang staff
    1. Kompetensi yang harus dikuasai oleh petugas adalah mengetahui dasar pengantar kerja
    2. Klasifikasi pendidikan formal maupun informal petugas adalah minimal SLTA dan mengikuti bimtek pengantar kerja.

 

  1. Sarana dan Prasarana
    1. Sarana/prasarana yang dibutuhkan petugas: Meja, kursi, komputer set, alat tulis, blanko AK1
    2. Sarana/ prasarana yang disediakan bagi pelanggan: Ruang tunggu, WC umum dan parkir
Sambutan
phijsk
Binapenta
Kemnaker
disnakertrans Prov NTB